Masyarakat Tasikmalaya Keluhkan Susah Pupuk dan Kartu Tani Belum Terjangkau

Masyarakat Tasikmalaya Keluhkan Susah Pupuk dan Kartu Tani Belum Terjangkau
Relawan SKI Jawa Barat menemui warga Tanjungbarang, Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat untuk menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat di Musyawarah Reboan, Rabu, 4 Oktober 2023. (Foto: dok. KBA News).


Selain itu penggerak peternakan di Tasikmalaya Selatan menginginkan perubahan yang bisa membuat masyarakat kecil khususnya peternak maupun petani diperhatikan kebutuhannya dan tidak dipersulit oleh pemerintah. #kbanews

JAKARTA | KBA - Relawan Anies Baswedan terus menyuarakan Musyawarah Reboan yang digelar setiap hari Rabu. Dalam kegiatan ini, relawan Anies mendengarkan keluhan masyarakat Tanjungbarang, Cikatomas, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Salah satu tokoh masyarakat Tanjungbarang Farid mengatakan saat ini masyarakat mengeluhkan susahnya pupuk. Menurutnya, masalah kekurangan pupuk disebabkan oleh distribusi pupuk bersubsidi yang tidak baik.

"Masyarakat mengeluhkan susahnya pupuk. Mereka mengusulkan agar ada pelatihan pembuatan pupuk cair organik," kata Farid ketika dihubungi KBA News, Jakarta, Rabu, 4 Oktober 2023.

Selain itu, penggerak peternakan di Tasikmalaya Selatan menginginkan perubahan yang bisa membuat masyarakat kecil khususnya peternak maupun petani diperhatikan kebutuhannya dan tidak dipersulit oleh pemerintah.

"Perlu perubahan yang bisa membuat masyarakat kecil bisa merasakan keadilan. Masyarakat perlu ruang untuk menyampaikan pendapat, biar tidak jadi objek terus," ujarnya.

Dia menilai banyak program pemerintah tidak sesuai dengan kebutuhan, serta kondisi masyarakat di daerah. Farid menyampaikan kartu tani yang dibuat pemerintah masih belum bisa digunakan karena jarak.

"Karena banyak program pemerintah yang tidak sesuai kebutuhan dan kondisi masyarakat, misal kartu tani yang dapat kartu tani, tidak bisa di gunakan karena lokasi sawahnya berbeda dengan tempat tinggalnya," imbuh Farid.

Dia berharap pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bakal calon presiden Anies Baswedan dan bakal calon wakil presiden Muhaimin Iskandar bisa membawakan kesetaraan, keadilan dan melakukan perubahan pada nasib bangsa Indonesia saat ini.

Dia melihat capres dari Koalisi Perubahan inilah yang serius memperhatikan rakyat kecil dan memuliakan manusia. Dia tidak ragu untuk mendukung pasangan AMIN sebagai capres dan cawapres 2024.

"Masyarakat berharap Pak Anies dan Gus Muhaimin terpilih menjadi presiden dan wakil presiden tahun 2024," ungkapnya.

Untuk diinformasikan, pemerintah membuat kartu tani yang dirancang khusus untuk melakukan alokasi pupuk subsidi kepada kaum petani. Untuk pemenuhan kebutuhan pupuk bersubsidi.

Program kartu tani tersebut dimulai di Pulau Jawa pada 2018 di mana 3 bank BUMN menerbitkan kartu tani tersebut yakni BRI untuk Banten, Yogyakarta, dan Jawa Tengah. (kba).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama